Cara Cuci Karpet yang Benar agar Tidak Bau

Karpet adalah alternatif untuk membuat rumah tampil lebih menarik dan cantik. Dengan karpet kita bisa menambahkan warna, pola, hingga tekstur tertentu di sebuah ruangan. Karpet juga bisa bermanfaat untuk mengurangi debu dan kotoran termasuk pasir yang membuat rumah terlihat sangat kotor. Karena karpet sangat mudah menyerap debu dan kotoran, maka yang benda satu ini harus dibersihkan secara teratur.

Ada berbagai macam karpet dengan kualitas dan bahan yang berbeda-beda.Selain perlu dibersihkan menggunakan vacuum cleaner juga perlu dicuci secara teratur. Anjurannya, mencuci karpet bisa dilakukan antara satu atau dua tahun sekali. mencuci karpet terlalu sering tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan karpet mudah rusak.

Jika di rumah Anda ada anak-anak kecil atau hewan peliharaan, maka intensitas membersihkan karpet perlu lebih sering. Misalnya antara dua atau tiga kali dalam setahun. Dan, yang paling penting, ikuti prosedur mencuci karpet yang benar, yang biasanya diberikan oleh produsen karpet itu sendiri.

Bacajuga : Daftar harga cuci karpet di semarang

Mencuci karpet

Mencuci karpet memang bukan perkara mudah apalagi jika ukurannya sangat besar dan berat. Maka ketika terkena air, karpet akan menjadi semakin berbobot dan sulit untuk ditangani. Apalagi jika Anda tidak memiliki ruangan cukup besar untuk mencuci dan menjemurnya. Hal ini bisa jadi kegiatan yang sangat merepotkan dan makan waktu. Tidak hanya itu, proses pengeringan juga harus cepat karena apabila tidak, air dapat menyebabkan karpet menjadi bau.

Bagi Anda yang halaman rumahnya tidak terlalu luas, sebaiknya memilih jasa cuci karpet untuk membantu Anda. Biasanya di kota-kota besar seperti Semarang, Bandung, dan kota lainnya, ada banyak jasa cuci profesional yang bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Biasanya, penyedia jasa cuci karpet juga merangkap atau menyediakan jasa cuci spring bed, cuci jok mobil, hingga cuci sofa.
Jika Anda berniat mencuci sendiri karpet yang anda punya, beberapa tips berikut ini perlu diperhatikan.

  • Jika Anda memiliki karpet multi warna, pastikan karpet tersebut tidak luntur sehingga menyebabkan warnanya menjadi pudar apabila dicuci.
  • Perhatikan petunjuk pencucian dari produsen karpet untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa berakibat fatal
  • Sebelum mencuci karpet, pastikan Anda menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran secara menyeluruh hingga ke bagian-bagian terdalam
  • Jika karpet tidak terlalu kotor dan hanya terdapat noda di beberapa tempat, pastikan Anda hanya mencuci bagian noda tersebut saja tanpa melibatkan bagian-bagian yang lain
  • Apabila Anda tidak bisa membersihkan noda-noda membandel, serahkan pada ahlinya. Anda bisa mendatangi tempat cuci karpet Semarang misalnya. Karena umumnya mereka memiliki metode dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan sekalipun
  • Setelah dibersihkan, karpet harus dikeringkan di udara terbuka. Jika karpet mengeluarkan bau, Anda perlu membeli penghilang bau

Di rumah, sediakan krim cukur karena bisa dimanfaatkan untuk membersihkan hampir setiap jenis noda.

Cara menggunakannya juga sangat sederhana. Anda cukup mengoleskan krim cukur pada bagian karpet yang terkena noda. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan kain kering.

Lalu, ikuti dengan menyemprotkan larutan yang berisi campuran antara air dan cuka (1:1). Terakhir, keringkan dengan menggunakan kain yang bisa menyerap cairan atau dengan menggunakan tissue.

Tips membersihkan karpet

Jika berurusan dengan noda, hindari menggosok-gosok noda tersebut, karena dapat menyebabkan partikel noda masuk ke dalam serat karpet. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan dini pada serat karpet. Untuk membersihkan noda, pastikan Anda membubuhkan larutan pembersih dan menggunakan kain bersih atau handuk kertas atau bisa juga menggunakan spon.

Kuncinya, gunakan segala sesuatu yang dapat menyerap noda. Sebisa mungkin segera bersihkan noda sesaat setelah mengenai karpet, karena beberapa jenis noda akan sangat sulit dibersihkan setelah mengenai karpet antara 30-45 menit.

Jasa cuci karpet di semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *